Gaes, yok, Ketahui Ciri-Ciri Air Mani yang Normal dan Tidak Normal!

Gaes, yok, Ketahui Ciri-Ciri Air Mani yang Normal dan Tidak Normal!

Air mani kerap bau seperti klorin atau amonia

Air mani atau semen ialah cairan putih kotor yang dikeluarkan dari penis saat ejakulasi. Air mani terbagi dalam sel sperma (spermatozoa) dan cairan kaya gizi yang disebutkan cairan mani. Air mani berperan mengusung sel sperma dan memungkinkannya keberlangsungan hidupnya sampai 5 hari hingga bisa terjadi.

Ketahui beberapa ciri air mani yang normal dan tidak normal melalui warna, stabilitas, dan berbau dan apakah arti untuk kesehatan kamu melalui artikel ini.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Cuan Dengan Sangat Mudah Di Okeplay777

  1. Apakah itu air mani?

Air mani terbagi dalam cairan mani yang berisi sel sperma. Tiap ejakulasi, sekitaran 100 juta sel sperma dilepaskan dari penis.

Sel sperma dibuat di testis. Disana, sel sperma masuk tabung melingkar yang disebutkan epididimis, tempat mereka diletakkan dan masak di bawah dampak hormon dari testis dan kelenjar hipofisis, berdasar laporan dalam jurnal Physiological Ulasans tahun 2016.

Cairan mani tersebut terbagi dalam cairan dari 3 organ:

Kelenjar Cowper ialah organ kecil yang keluarkan cairan yang berperan sebagai pelumas dan menolong menetralisir asam supaya sel sperma masih tetap hidup.
Kelenjar prostat ialah kelenjar yang keluarkan cairan yang jaga air mani pada kondisi cair sekalian memberi gizi dan enzim yang sehatkan dan membuat perlindungan sel sperma.
Vesikula seminalis ialah sepasang kelenjar berwujud tabung yang keluarkan cairan kaya fruktosa (gula untuk bahan bakar sel sperma) dan prostaglandin (semacam lemak yang memacu kontraksi otot vagina untuk menggerakkan sperma naik ke aliran vagina).
Sepanjang ejakulasi, kontraksi otot yang kuat (otot bulbospongiosus dan otot pubococcygeus) menggerakkan air mani keluar penis lewat uretra.

  1. Rasa dan berbau air mani

Air mani kerap bau seperti klorin atau amonia, atau banyak yang ngomong baunya serupa pemutih, dan rasanya sedikit manis karena kandungan fruktosanya yang tinggi. Walau demikian, rasa dan berbau air mani dapat berlainan dari 1 lelaki dengan lelaki lain.

Makanan tertentu bisa mengganti rasa dan berbau air mani, menjadikan lebih pahit, pedas, atau seperti musk. Ini kemungkinan terhitung alkohol, asparagus, kubis, kopi, produk susu, bawang putih, bawang bombai, dan daging.

Makanan lain disebut membuat air mani bau atau berasa lebih halus ataupun lebih manis, terhitung seledri, peterseli, dan nanas.

Merokok tembakau dapat mengganti rasa atau berbau air mani. Rokok dapat turunkan kualitas, jumlah, dan motilitas sperma dan membuat susah hamil, menurut study dalam jurnal Postgraduate Medicine tahun 2015.

Factor yang lain bisa mempengaruhi berbau atau rasa air mani ialah infeksi. Berdasar riset dalam Indian Journal of Urology tahun 2011, ini terhitung infeksi aliran kemih (ISK) dan penyakit menyebar seksual seperti klamidia, gonore, dan trickomoniasis.

Jika air mani baunya busuk, itu kemungkinan pertanda pertama infeksi kelamin atau aliran kemih. Jika kamu merasakannya, selekasnya jumpai dokter.

Baca Juga : Promo Dan Bonus Menarik Yang Bisa Kalian Dapatkan Bersama Okeplay777

  1. Volume air mani

Seperti berbau dan rasa, volume air mani pada tiap lelaki bisa juga berlainan. Mengarah pantauan ilmiah dalam Asian Journal of Andrology tahun 2012, volume rerata ialah 3,4 mililiter (ml), sama dengan sekitaran dua pertiga sendok teh.

Volume air mani punyai peran dalam kesuburan lelaki. Jika semakin tinggi dari normal, ini terkait dalam jumlah sperma yang rendah. Menurut study dalam The European Journal of Contraception dan Reproductive Health Care tahun 2011, ini disebabkan karena pencairan sel sperma.

Di lain sisi, volume air mani yang lebih rendah dari normal (kurang dari 1,5 mL) terkait dengan peluang kesuburan yang lebih rendah. Publisitas StatPearls menyebutkan jika volume air mani yang rendah secara stabil kemungkinan disebabkan karena ejakulasi retrograde, yaitu keadaan saat air mani mengucur kembali lagi ke kandungan kemih, bukanlah keluar badan.

Disamping itu, volume air mani yang rendah bisa juga mengisyaratkan keadaan klinis lain. Sebuah study dalam Fertility and Sterility tahun 2014 menilai lebih dari 9.000 lelaki dengan umur rerata 38 tahun. Team periset mendapati jika orang dengan volume air mani rendah nyaris 2x memungkinkan mempunyai tekanan darah tinggi atau penyakit jantung dibanding sama orang yang volume air maninya normal.

Meskipun begitu, volume air mani yang rendah tidak selamanya sebagai pertanda kemandulan atau penyakit. Juga bisa karena dehidrasi atau baru ejakulasi.

Jika volume air mani terus-terusan tidak normal dan pasangan susah hamil, kemungkinan telah saatnya untuk menjumpai dokter specialist kesuburan.

  1. Warna dan stabilitas air mani

Warna air mani yang normal ialah putih sirna atau cukup kekuningan. Stabilitasnya serupa putih telur atau sedikit seperti agar-agar. Terkadang, ada gumpalan seperti cermat, yang mana ini normal jika kamu dehidrasi atau mungkin tidak ejakulasi dalam waktu yang lama.

Banyak lelaki tidak memerhatikan warna air mani. Walau sebenarnya, warna tertentu dapat memperlihatkan permasalahan kesehatan.

Merah atau cokelat

Siapakah yang tidak kaget merasakan warna air maninya merah atau cokelat!? Meskipun terlihat mengerikan, keadaan yang disebutkan iritospermia ini umumnya tidak serius. Berdasar laporan dalam jurnal Deutsches Arzteblatt international tahun 2017, beberapa pemicu iritospermia dapat terhitung:

Pembuluh darah pecah.
Pembesaran prostat.
Epididimitis (radang epididimis, tersering karena infeksi).
Orkitis (radang testis, tersering karena infeksi).
Penyakit menyebar seksual (IMS).
Trauma testis.
Batu ginjal atau kandungan kemih.
Biopsi prostat belakangan ini.
Vasektomi belakangan ini.
Berita baiknya, sebagian besar kasus iritospermia lenyap sendirinya tanpa kejadian. Jarang-jarang, darah di air mani sebagai pertanda kanker.

Kuning atau hijau

Air mani dengan warna kuning atau hijau yang terang kemungkinan sebagai pertanda infeksi. Beberapa pemicu air mani kuning atau hijau yang biasa dan tidak umum mencakup:

IMS seperti klamidia, gonore, dan trickomoniasis.
Prostatitis atau radang kelenjar prostat, kerap kali karena infeksi.
Penyakit kuning atau penimbunan bilirubin karena keadaan seperti hepatitis dan batu empedu.
Pyospermia, satu keadaan yang berkaitan dengan infertilitas pria saat fokus sel darah putih yang tinggi di air mani menghancurkan dan lemahkan sel sperma.
Jumpai dokter jika air mani warna tidak normal dan dibarengi pertanda infeksi seperti ngilu, lebam, atau demam, atau jika tanda-tanda jadi berlanjut, lebih buruk, atau berulang-ulang.

Tersebut beberapa ciri air mani yang normal dan tidak normal yang dapat terdeteksi melalui warna, stabilitas, dan berbau dan apakah arti untuk kesehatan kamu.

Air mani yang khususnya terbagi dalam cairan mani dan sel sperma umumnya berwarna putih pucat atau cukup kekuningan, dengan stabilitas seperti putih telur. Baunya kerap kali serupa amonia dan dari sisi rasa dapat bervariatif, dari manis, asin, sampai pahit.

Kualitas air mani berbeda dari orang pada orang. Ada permasalahan tertentu kemungkinan sebagai pertanda infeksi atau kemandulan, terhitung air mani bau busuk, berwarna abnormal, atau volume air mani yang terlampau tinggi atau terlampau rendah sesudah ejakulasi. Itu semuanya wajib dibawa ke dokter, khususnya jika tanda-tandanya tinggal atau lebih buruk. Kamu dapat menjumpai dokter urologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *